04 March 2021, 17:36 WIB

Media Group Salurkan Bantuan Sumur Bor di Pesantren Daarunnashbi


Nisrina Kirana | Humaniora

SEBAGAI upaya membantu menyediakan akses akan air bersih kepada warga yang membutuhkan, Media Group melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) “Metro TV Berbagi”, menyerahkan bantuan berupa sumur bor di Pondok Pesantren Daarunnashbi, Cianjur, Jawa Barat.

Sumur bor dengan kedalaman 72 meter ini diberikan untuk melayani kebutuhan air bersih para santri dan warga di sekitar pondok pesantren. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis diwakili langsung oleh Chief Officer Media Group News, Mohammad Mirdal Akib, didampingi Corporate Communications Metro TV, Fifi Aleyda, pada Kamis (4/3).

Dalam kesempatan tersebut, Mirdal menyampaikan dengan adanya CSR sumur bor tersebut, dapat memaksimalkan akses air bersih khususnya bagi penghuni Pondok Pesantren Daarunnashbi, dalam membantu mereka beraktifitas melakukan kegiatan sehari-hari.

“Pembangunan sarana dan prasana sumur bor ini untuk menyediakan air bersih, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan oleh santri dan warga sekitar. Selain itu hari ini kami juga datang untuk bertemu dengan para santri disini, harapan kami ini tidak dilihat dari jumlah nya tetapi bagaimana bisa berbagi dengan masyarakat sekitar” ucap Mirdal.

Selain itu, pihaknya juga berharap pemberian sumur bor tersebut dapat meringankan beban santri ketika hendak memperoleh air bersih. Khususnya daerah Pondok Pesantren Daarunnashbi di Desa Kertasari, Kecamatan Huwiwangi, Cianjur, Jawa Barat cukup sulit untuk mendapatkan mata air.

Bantuan ini pun disambut gembira oleh pihak pengelola pesantren dan para santri. Pasalnya, setiap musim kemarau, santri dan warga sekitar kesulitan memperoleh air bersih.

Baca juga: Transparansi Donasi, BPK Audit Program BPKH Bersama Lazismu

Pembina Pondok Pesantren Daarunashbi, H Elim Nurdin mengatakan kondisi di pondok pesantrennya memang sangat terbatas. Termasuk dengan penyediaan fasilitas air bersih.

“Kalo musim begini juga ada air, tapi kalau musim kemarau parah (kering), anak santri harus cari air di rumah tetangga yang masih ada air, jalan kaki jauh untuk ke sumber air, alhamdulillah kalo sudah ada ini (sumur bor) gausah kelabakan (bingung)” kata H Elim.

Dengan adanya bantuan ini, pihaknya pun berterima kasih dengan kehadiran program yang diinisiasi oleh Metro TV. Dengan kehadiran sumur bor, pihaknya tidak perlu berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih ataupun kesulitan air bersih saat musim kemarau.

Sumur bor yang dibangun lengkap dengan bak penampungannya, yang bisa dimanfaatkan santri dan warga sekitar. Sumur bor tersebut memiliki spesifikasi bak penampungan air berkapasitas 2.000 liter, dengan ketinggian 5 meter.

Selain sarana dan prasarana air bersih melalui sumur bor, Media Group melalui Metro TV Berbagi juga menyerahkan bantuan sembako berupa beras 20 kilogram, minyak, gula, makanan instan, dan lain sebagainya.

“Ini adalah kegiatan rutin CSR Metro TV Berbagi, meski terlihat sederhana tapi memiliki manfaat yg besar, di beberapa tempat juga kita berikan pola yg sama utk memberikan sarana dan prasana yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar” pungkas Mirdal. (Metro TV/A-2)

BERITA TERKAIT