04 March 2021, 15:42 WIB

Jokowi: Bendungan Sindang Heula Harus Dukung Kesejahteraan Warga


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Bendungan Sindang Heula di Serang, Banten, pada Kamis (4/3) ini.

Bendungan yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp427 miliar, diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Serang dan sekitarnya. Dengan kapasitas tampung hingga 9,3 juta meter kubik, Sindang Heula mampu mengairi 1.280 hektare sawah.

"Kita harap bendungan ini bisa memberi nilai tambah yang besar bagi petani di Banten. Bendungan ini menjamin ketersediaan air yang cukup. Sehingga kita semakin produktif," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, di Serang, Kamis (4/3).

Baca juga: Investasi Perusahaan BUMN Mengarah pada Pemulihan Ekonomi

Selain sebagai sumber air irigasi, waduk tersebut juga berfungsi sebagai penopang kawasan industri yang berkembang di Serang dan Cilegon. Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), infrastruktur tersebut mampu menyediakan air baku bagi industri hingga 0,80 meter kubik per detik.

Di samping itu, waduk juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dengan daya sampai 0,40 megawatt. Tidak kalah penting lagi, Bendungan Sindang Heula juga memiliki peran untuk mengendalikan banjir.

Baca juga: Investasi Perusahaan BUMN Mengarah pada Pemulihan Ekonomi

"Bendungan ini mampu menahan air dari sungai yang sering meluap. Seperti, Sungai Ciujung dan Sungan Cidurian, yang sering menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya," imbuh Kepala Negara.

Adapun fungsi lain ialah bendungan juga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. Sehingga, memberikan manfaat lebih bagi masyarakat setempat.

"Saya minta pemerintah daerah dan seluruh masyarakat menjaga dan memanfaatkan bendungan ini sebaik-baiknya, untuk meningkatkan kesejahteraan," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT