04 March 2021, 13:34 WIB

Setahun TFRIC-19 BPPT Hasilkan Banyak Teknologi Penanganan Covid


Siswantini Suryandari | Humaniora

SAAT pandemi merebak secara global, BPPT bekerja cepat membentuk Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Pandemi Covid-19 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (TFRIC-19 BPPT).

Deputi BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB BPPT) Soni Solistia Wirawan dalam keterangan tertulis mengatakan bahwa TFRIC-19 BPPT ini merupakan bagian dari Konsorsium Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Pandemi Covid-19 Kementerian Ristek/BRIN.

"Melalui ekosistem inovasi telah melahirkan produk inovasi alat kesehatan karya anak bangsa di antaranya inovasi produk diagnostik Non PCR yaitu inovasi Rapid Diagnostik Test untuk deteksi antibodi IgG/IgM, Recombinant Proteint N & S1, Biosensor Surface Plasmon Resonance (SPR) serta Artificial Intelligence untuk deteksi Covid-19," kata Soni dalam keterangan tertulis menyambut satu tahun pandemi covid-19, Kamis (4/3).

Kemudian data Whole Genome Sequncing (WGS) merupakan profil karakteristik peta gen Covid-19 yang sangat penting untuk acuan pengembangan vaksin, diagnostik dan produk berbasis gen lainnya juga dikembangkan oleh TFRIC-19 BPPT.

Inovasi lainnya di bidang alat kesehatan lainnya seperti Mobile Lab BSL2 merupakan Inovasi TFRIC-19 yang patut menjadi kebanggaan. Lab Mobile BSL2 ini juga dilengkapi dengan aplikasi Pantau Covid (PC-19) untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan swab test dengan melakukan registrasi on line untuk mendapatkan jadwal waktu dan urutan untuk swab test. 

"Saat ini, Lab mobile BSL2 BPPT saat ini ditempatkan di RS TNI Ridwan Meuraksa Taman Mini,dan Pemkot Tangerang versi bus untuk mendukung pemeriksaan swab dan PCR," ujarnya.

baca juga: Lab BSL-2 Hadir di Bandara Soetta Percepat Uji Sampel Covid-19
 
Selain itu inovasi alat kesehatan lainnya yakni tiga jenis emergency ventilator yang dikembangkan bersama mitra diantaranya PT LEN, PT PT Poly Jaya dan PT Dharma Precision Tools. Emergency ventilator tersebut di antaranya berbasis ambu bag dan CAM, berbasis Ambu Bag dan Arm serta ventilator CMV berbasis Pneumatik.

Di luar inovasi covid-19, BPPT ditunjuk sebagai Koordinator Program Prioritas Nasional (PRN) Implan Tulang dan Koordinator PRN Implan Gigi. Sedangkan di sektor pangan BPPT ikut terlibat dalam teknologi pangan pencegahan stunting dengan mengolah pangan dari bahan baku tanaman lokal. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT