03 March 2021, 22:29 WIB

Pianis Cilik Asal Kendal Akan Pecahkan Rekor Dunia


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SEMANGAT Jefri Setiawan untuk terus mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional tidak pernah mengendur. Setelah mencatatkan diri sebagai pemegang rekor dunia bermain piano selama 3 jam nonstop dengan mata tertutup, Jefri kini akan berjuang untuk memecahkan rekor tersebut.

Direncanakan, Jefri akan bermain piano selama 5 jam dan memainkan 150 lagu dengan mata tertutup pada 24 Maret 2021 mendatang. Usaha tersebut akan dilakukan pianis berusia 15 tahun asal Kendal, Jawa Tengah itu di Universitas Yarsi, Jakarta.

"Saya senang dan berterimakasih atas dukungan semua pihak dalam usaha saya memecahkan rekor dunia. Mudah-mudahan saya diberi kemudahan dan kelancaran untuk berhasil memecahkan rekor tersebut," ujar Jefri dalam keterangan yang diterima, Rabu (3/3).

Lebih jauh, Jefri mengatakan dirinya telah melakukan berbagai persiapan dalam usahanya kali ini. "Saya harus bisa berkonsentrasi tinggi dalam menghafal, membutuhkan ketenangan, pengendalian emosi, stamina yang prima, skill yang tinggi," ungkapnya.

Untuk bisa memecahkan rekor dunia tersebut, Jefri yang mencetrak rekor dunia bermain piano nonstop selama 3 jam dengan mata tertutup di Akademie fur Kunste (ASK), Potsdamerstr 199, Berlin, Jerman, Oktober 2018 itu, harus memenuhi beberapa syarat yang diajukan European Records Book dan America Book of Records. Persyaratan tersebut antara lain, acara berlangsng di tempat lokasi yang memadai serta disaksikan pejabat negara atau pemerintah serta saksi independen.

Untuk pejabat negara, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan serta beberapa pejabat lainnya direncakan hadir. Sedangkan untuk saksi independen akan hadir pianis Internasional Edith Widayani. (RO/OL-15)  

BERITA TERKAIT