02 March 2021, 16:45 WIB

Wapres Minta Genose Diproduksi dalam Jumlah Besar


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta alat pendeteksi virus covid-19 (Genose) dan produk hasil inovasi anak bangsa bisa diproduksi dalam jumlah besar. Wapres juga meminta agar produk-produk dalam negeri tersebut terus dipromosikan agar semakin luas penggunanya.

“Sesuai dengan arahan Pak Wapres, alat screening harus selalu dipromosikan dan yang penting juga bisa diproduksi dalam jumlah besar,” kata Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro seusai bertemu Wapres di rumah dinas Wapres, Jakarta, Selasa (2/3).

Wapres pada kesempatan itu mengapresiasi temuan alat pendeteksi virus covid-19 yang terbilang murah tersebut. “Hasil karya Universitas Gadjah Mada ini merupakan suatu kemajuan daripada anak bangsa kita karena memang sangat diperlukan,” kata Ma’ruf.

Lebih lanjut lanjut, Bambang menjelaskan, alat pendeteksi ini akan digunakan di berbagai tempat yang berpotensi memunculkan keramaian seperti di kantor, pabrik, alat-alat transportasi, dan untuk keperluan event-event tertentu. “Sehingga pekerjaan sehari-hari maupun kegiatan hanya akan dihadiri oleh orang-orang yang sudah terbukti negatif covid-19,” ungkapnya.

Bambang berharap penggunaan Genose ini bisa dilakukan sambil menunggu tercapainya herd immunity dengan vaksinasi untuk 180 juta penduduk Indonesia. “Maka kita harus terus disiplin melakukan 3M dan pemerintah akan terus melakukan 3T,salah satunya testing termasuk screening akan menjadi bagian terpenting,” pungkasnya. (P-2)

BERITA TERKAIT