01 March 2021, 05:03 WIB

Menkes Harapkan PTGMI Bantu Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SELURUH tenaga kesehatan termasuk terapis gigi dan mulut diharapkan bisa memberikan teladan dan pendidikan yang baik kepada masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Hal itu bisa dilakukan melalui upaya vaksinasi dan memberikan contoh dalam pelaksanaan gerakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan sambutan secara daring dalam acara peresminan Gedung Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PP PTGMI), Sabtu (27/2).

"Kami menyambut baik beroperasinya gedung sekretariat DPP PTGMI dengan harapan agar organisasi dan seluruh anggotanya untuk terus menerus meningkatkan kapasitas dan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat," jelas Menkes.

Peresmian Gedung Sekretariat DPP PTGMI tersebut diragkaikan denga webinar, lokakarya pendidikan terapi gigi dan mulut serta pramnas VIII PTGMI yang berlangsung secara daring. Webinar diisi penyampaian informasi perkembangan ilmu terbaru dalam bidang terapi gigi dan mulut oleh Presiden International Oral Health Association (IOHA) Dr Arish Naresh.   

Melalui lokakarya dan pramunas bertema 'Memperkuat Komitmen Pengabdian Terapis Gigi dan Mulut di era Adaptasi Kebiasaan Baru' diharapkan institusi pendidikan kesehatan gigi dan terapi gigi serta pengurus organisasi PTGMI dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi Covid-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru di masyarakat.

Terapis gigi dan mulut adalah tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut bidang promotif, preventif, serta kuratif terbatas. Saat ini terdapat 20.983 orang terapis gigi dan mulut yang telah tercatat sebagai anggota PTGMI. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT