01 March 2021, 02:44 WIB

IPB Siap Bantu Uji Preklinik Vaksin Merah Putih


Dede Susianti | Humaniora

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) siap membantu uji preklinik vaksin Merah Putih. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkompeten, independen, dan terakreditasi, IPB memiliki kemampuan, sarana, dan prasarana memadai dalam bidang medis dan kesehatan termasuk berbagai pengujian preklinis obat, baik obat hewan maupun manusia termasuk vaksin.

Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University, Prof drh Deni Noviana, PhD, DAiCVIM, beberapa waktu lalu. Menurutya, IPB memiliki pengalaman dalam melakukan berbagai pengujian klinis pada obat hewan dan manusia baik untuk kepentingan registrasi maupun pengembangan produk. Ditambahkan, pengujian preklinis terhadap vaksin Merah Putih covid-19 yang dapat dilakukan IPB terdiri atas tiga kegiatan utama.

Ketiganya yakni pengujian preklinis secara in vitro (pengujian respons imunitas), in vivo (pengujian toksisitas akut, subkronis, kronis, teratogenisitas, farmakodinamik dan biodistribusi) pada tikus. Kemudian pengujian imunogenisitas dan adverse effect pada non-human primates.

Dia menyebutkan, FKH dan Pusat Studi Satwa Primata (PSSP), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB memiliki fasilitas yang lengkap dan didukung sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan ahli di bidang pengujian obat. Terrmasuk juga di dalamnya pengujian preklinis.

"Bidang keahlian yang dimiliki FKH dan PSSP di bidang pengujian preklinis antara lain Farmakologi dan Toksikologi, Mikrobiologi Medik (Imunologi dan Virologi), Patologi, dan bidang lain yang terkait dengan pengujian obat," jelasnya. "Semuanya siap berperan dalam membantu pengujian preklinis vaksin Merah Putih covid-19 pemerintah Indonesia," ungkapnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT