27 February 2021, 14:01 WIB

Sinar Mas Land Ajak Warga Mengolah Sampah Menjadi Produk Berguna


Mediaindonesia.com | Humaniora

SINAR Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyelenggarakan serangkaian kegiatan lingkungan terkait pengelolaan dan pengolahan sampah secara mandiri untuk mengapresiasi Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 2021 yang jatuh setiap 21 Februari. Beragam kegiatan tersebut dilakukan pula sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) di bidang lingkungan.

HPSN 2021 dilatarbelakangi atas permasalahan sampah yang kian bertambah dari rumah tangga selama pandemi covid-19. Hal ini terjadi karena perubahan pola produksi sampah ketika masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan bahwa selama pembatasan sosial, belanja online yang pengemasannya menggunakan plastik meningkat. Hal tersebut terungkap berdasarkan riset LIPI pada medio April-Mei 2020.

Sebagai bentuk perhatian atas permasalahan itu, CSR BSD bidang lingkungan mengambil langkah dengan melakukan edukasi, pelatihan, dan pendampingan kepada warga untuk melakukan pemilahan sampah, mulai dari sumbernya seperti rumah dan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi sekitar mereka. "Untuk itu, kami bekerja sama dengan para ahli teknologi lingkungan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Serpong, pada 23-24 Februari 2021 untuk melatih masyarakat dalam melakukan pengolahan sampah dan limbah rumah tangga dengan menggunakan metode komposter dan biopori. Pelatihan tersebut dibarengi dengan pendampingan yang kami lakukan di dua wilayah kampung binaan yaitu Kampung Mantul Rancakebo Kabupaten Tangerang dan Kampung Mantul Dadap Timur Tangerang Selatan,” Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD Sinar Mas Land Dony Martadisata.

Selanjutnya pada 25-26 Februari pengembang properti itu menggandeng Komunitas Eco-Enzyme Serpong. Pihaknya juga  memberikan edukasi, pelatihan, sekaligus pendampingan kepada para pedagang di Pasar Intermoda Kabupaten Tangerang dan Pasar Modern BSD Tangerang Selatan. Tujuannya agar mereka dapat mengolah sampah menjadi cairan pembersih untuk membersihkan udara, menghilangkan bau sampah, serta berbagai manfaat lain yang digunakan demi perbaikan lingkungan.

 

Kegiatan puncak peringatan HPSN 2021, perusahaan menyelenggarakan acara seremonial bersama Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan Toto Sudarto, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Muhammad Maesyal Rasyid, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang Achmad Taufik, Sabtu (27/2), di The Breeze BSD City. Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, mereka melakukan penyemprotan cairan eco-enzyme (ekoenzim) di beberapa ruas jalan di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan serta mengedukasi dan melatih para petugas kebersihan untuk mengolah sampah menjadi cairan pembersih lingkungan ekoenzim.

 

Dony berharap kegiatan lingkungan itu dapat mendukung pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan sampah dengan mendorong perubahan perilaku dalam masyarakat, sehingga mau dan mampu mengelola sampah rumah tangga. Penyelenggaraan kegiatan HPSN 2021 itu juga menjadi realisasi kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan komunitas masyarakat dalam membangun kesadaran publik untuk melakukan pengurangan sampah. Mari kita jaga lingkungan dengan melakukan pemilahan dan pengolahan sampah dengan tepat, mulai dari rumah kita, menjadi sesuatu yang memiliki nilai manfaat. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT