21 February 2021, 13:35 WIB

Pemerintah Kebut Vaksinasi Tenaga Kesehatan dan Lansia


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

PEMERINTAH mengebut vaksinasi terhadap petugas kesehatan dan masyarakat berusia di atas 60 tahun. Diharapkan, paling lambat awal Mei 2021, vaksinasi kepada dua kelompok itu bisa tuntas.

Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan hal itu dalam webinar series tim advokasi vaksin Komite Penanganan Covid-19 Minggu (21/2).

Nadia mengatakan, pada Februari 2021 diharapkan semua petugas kesehatan sudah mendapatkan dosis pertama dari vaksinasi ini. Selain itu, vaksinasi usia di atas 60 tahun sudah dimulai sejak Februari, sehingga harapannya di awal paling lambat awal Mei vaksinasi kepada petugas dan usia diatas 60 tahun ini juga selesaikan.

"Ini merupakan lonjakan besar dari sasaran 1,5 juta menjadi 38 juta. Ini berarti betul-betul kita harus akselerasi, betul-betul kita harus kerja keras untuk kemudian bisa menyesuaikan dengan jadwal penyelesaian dari pemberian vaksinasi ini," jelasnya.

Untuk mencapai target itu, dia tak memungkiri bahwa beberapa laporan terkait ketersediaan vaksinasi di beberapa fasilitas memang kosong. Tetapi saat ini dalam proses distribusi untuk menurunkan buffer stock yang ada di gudang provinsi dan kabupaten kota.

"Harapannya mungkin minggu depan vaksin itu sudah bisa tersedia kembali tetapi karena memang jumlahnya sedikit mungkin dikonsentrasikan pada tempat-tempat tertentu," ujarnya.

Di sisi lain dengan waktu sekitar 4 bulan memang harus meningkatkan kemampuan penyuntikan dosis perhari. Kata Nadia, bukan hanya vaksinator, tenaga kesehatan maupun fansyankes yang harus ditingkatkan tetapi juga target vaksinansi harian.

"Karena mengingat jumlah yang cukup besar dari target 1,5 juta tadi menjadi 38 juta," terangnya.

Vaksinasi untuk nakes menyasar 1.468.764 orang. Dimana Per Sabtu, (20/2) terdapat 1.227.489 nakes sudah divaksinasi dosis pertama. Cakupan vaksinasi covid-19 dosis pertama sudah 83,58%.

Selanjutnya, vaksinasi dosis kedua telah disuntikkan kepada 731.162 nakes. Sehingga total 50,05% nakes yang sudah diberikan vaksin covid-19.

Nadia menambahlan, Bali menjadi provinsi dengan jumlah vaksinasi tertinggi dengan 90%. Tentu pihaknya, mendorong agar dinas kesehatan di daerah lain untuk mempercepat program vaksinansi tersebut.

"Segera menyelesaikan capaian vaksinasi pada tenaga kesehatan," pungkasnya. (H-2)

BERITA TERKAIT