20 February 2021, 17:40 WIB

Jokowi Sudah Pikirkan Mudik Lebaran 2021


Dhika kusuma winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan lonjakan kasus covid-19 akibat liburan panjang agar tidak terulang kembali. Pemerintah pun masih mematangkan kebijakan terkait libur Lebaran 2021.

"Mengenai mudik ini masih dibicarakan antar Menko, apakah seperti tahun lalu. Tapi dari empat kali kita memiliki libur panjang, long weekend, libur panjang kemarin, semuanya naiknya (kasus covid-19) lebih dari 40%," ucap Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa beberapa hari lalu yang rekamannya baru diunggah Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2).

Presiden mengatakan pemerintah juga masih mencermati tren kasus covid-19 di masa libur imlek beberapa waktu lalu. Kepala Negara menegaskan tak ingin akan libur panjang kembali memicu pelonjakan kasus positif.

Baca juga: Jokowi: Tahun Kerbau Mestinya Penuh Kekuatan Besar

"Ini saya sudah bilang jangan diulangi lagi. Kita sudah empat kali mengalami, kalau sekali lagi mengalami kebangetan kita. Hanya modelnya seperti apa, kita belum bisa sampaikan mengenai mudik," ucap Jokowi.

Terkait hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengusulkan pengurangan libur. Masa libur Idul Fitri tahun ini diusulkan tanpa tambahan cuti bersama. Pengurangan hari libur dinilai akan efektif menekan melonjaknya covid-19.(OL-4)

BERITA TERKAIT