20 February 2021, 13:29 WIB

Erick: Vaksin Merah Putih Segera Diujicoba


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir menyebutkan vaksin covid-19 karya anak bangsa yakni Vaksin Merah-Putih telah menemukan bakal virus (seeds virus) covid-19.

"Eijkmann Institute sudah mendapatkan 'seeds' dari virus covid-19 dan kemudian akan diujicobakan. Semoga awal tahun depan sudah bisa diproduksi massal dan ini penting untuk mengantisipasi vaksinasi covid-19 yang harus dilakukan secara reguler," kata Erick, Sabtu (20/2).

Dirinya mengungkapkan bahwa penanganan covid-19 terus menjadi fokus pemerintah serta memberikan pelayanan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Lanjutkan PPKM Mikro Hingga 8 Maret

"Kami sudah melakukan vaksinasi kepada seluruh petugas medis sebanyak 1,5 juta orang. Pada Maret ini diharapkan lebih banyak lagi masyarakat indonesia bisa menjalani vaksinasi," ujar Erick.

Sebelumnya Erick menargetkan Indonesia akan menggunakan vaksin covid-19 mandiri untuk masyarakat pada kuartal IV 2022. Pihaknya melalui Bio Farma memproyeksi, uji klinis vaksin Merah Putih akan dilakukan pada kuartal I 2022. Kemudian, pada kuartal III 2022 akan dilanjutkan uji klinis tahap terakhir vaksin tersebut.

"Semoga nanti uji klinis yang yang terakhir di kuartal III tahun 2022 bisa dilakukan dan di kuartal IV 2022 kita sudah mempunyai vaksin merah putih sendiri," ungkapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT