20 February 2021, 02:00 WIB

Mau Berkontribusi Jadi Relawan, Simak Tips Berikut Ini


Mediaindonesia.com | Humaniora

KEGIATAN relawan bukanlah hal yang baru di Indonesia. Banyak organisasi atau institusi yang membuka kegiatan relawan setiap tahunnya. Selain berbuat baik, kegiatan relawan juga dapat menambah ilmu, pengalaman, sekaligus relasi.

Layanan edu-tech Ruangguru membagi sejumlah tips bagi Anda yang ingin mencoba membantu sesama lewat menjadi relawan.

Baca juga: 15 Nama Lolos Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas RRI

1. Komunitas
Jika Anda memiliki ketertarikan pada suatu bidang, cobalah bergabung dalam suatu komunitas tertentu yang sesuai dengan minat. Hal ini akan memudahkan untuk mendapatkan info-info kegiatan relawan yang sesuai dengan minat.

Misalnya, Anda senang dengan bidang pendidikan, maka Anda dapat bergabung dengan komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Biasanya ketika komunitas tersebut akan menyelenggarakan acara/kegiatan, mereka akan membutuhkan relawan. Anda bisa ikut bergabung menyalurkan tenaga dan niat baikmu di sana.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Selain melalui komunitas, Anda bisa mencari info relawan di Lembaga swadaya Masyarakat (LSM). Biasanya LSM bisa diasosiasikan dengan organisasi non government (NGO), dan menjadi wadah yang membuka banyak sekali kesempatan bagi yang ingin menjadi relawan.

Setiap tahun ada banyak LSM yang membuka peluang untuk bergabung menjadi relawan. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan, mulai dari administrasi, edukasi, dan sebagainya.

3. Mencari di media sosial
Saat ini media sosial sering sekali digunakan untuk kegiatan promosi, mencari informasi, dan mengedukasi. Banyak akun di media sosial yang berisikan info-info seputar kegiatan relawan. Anda bisa mulai mencari tahu info-infonya dari sana dan pilih kegiatan relawan yang sesuai minat.

4. Mencari di internet
Selain mencari di media sosial, Anda juga bisa mencari dengan berselancar di internet. Biasanya, organisasi atau komunitas tertentu memasang informasi di website mereka.

Anda cukup mencari kata kunci di mesin pencarian semacam Google mengenai informasi kegiatan relawan yang sesuai minat. Nantinya Google akan memberikan sejumlah informasi terkait kata kunci tersebut.

Ruangguru juga memberikan inisiatif bertajuk ruangpeduli.org. Ini merupakan inisiatif nonprofit Ruangguru sebagai platform yang menghubungkan pemberi bantuan dengan pelajar atau pelaku pendidikan yang membutuhkan bantuan akses, dukungan fasilitas belajar, serta konten pendidikan yang berkualitas.

Saat ini, ruangpeduli.org membuka kesempatan untuk para relawan dari seluruh kota yang memiliki niat baik untuk membantu orang-orang di sekitar.

Ada berbagai posisi yang ditawarkan, misalnya tim koordinator daerah. Tim koordinator daerah nantinya akan bertugas untuk membentuk komunitas dan menjalankan aktivitas di masing-masing daerah/provinsi. (Ant/OL-6)
 

BERITA TERKAIT