19 February 2021, 14:30 WIB

Solusi untuk Masalah Perempuan Indonesia


Eni Kartinah | Humaniora

MEMILIKI wajah cantik dan sehat merupakan dambaan setiap perempuan. Namun sayangnya, banyak faktor yang mempengaruhi kecantikan dan kesehatan kulit wajah, seperti faktor usia, faktor lingkungan, dan lain-lain.

”Tiga masalah utama yang dihadapi oleh wanita Indonesia adalah jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini,” papar dr. Erna Purnamasari, pemilik klinik kecantikan RNA.Dr Erna menjelaskan tiga masalah kulit ini muncul sesuai dengan tahapan usia.

Baca juga: Pemanfaatan Artificial Intelligence di Dunia Kecantikan

Saat menginjak remaja, kata dia, saat hormon mulai bertambah banyak sehingga muncul jerawat dan bruntusan. Kemudian saat dewasa, kulit tampak kusam karena salah penggunaan kosmetik atau skincare dan sering terkena polusi atau radiasi. Lalu terakhir menginjak usia 40 tahun ke atas, mulai muncul kerutan, kulit kering, dan  flek hitam.

Menurut dr. Erna, permasalahan kulit tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara. Pertama cari penyebabnya. "Sebelum menentukan bagaimana cara mengatasi keluhan, perlu dicari penyebabnya yang tepat, apakah faktor ekstrinsik (dari luar) atau faktor intrinsik."

Kemudian pilihlah produk yang cocok. Jika kulit wajah berminyak, gunakan yang water-based. Jika kulit sensitif, carilah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Dan ketiga  adalah da beberapa produk yang harus diperhatikan cara dan urutan pemakaiannya, contohnya hanya boleh 1x sehari saja, jangan digosok kencang-kencang, digunakan dengan cara dikompres, dan lain-lain

Untuk itu kata dia, pihaknya mengusung  visi dan misi untuk membantu masyarakat Indonesia, terutama perempuan dalam mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat. Mereka pun berkomitmen untuk memberikan konsultasi serta perawatan yang tepat, baik melalui produk skincare ataupun perawatan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pasien.

"Dengan rangkaian perawatan yang lengkap serta visi sebagai Personalized Treatment for Beautiful You, er-1 dapat menjadi solusi utama untuk berbagai permasalahan kulit wajah di segala usia," ujar dr. Erna. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT