19 February 2021, 17:13 WIB

Musim Hujan Sampai Maret, BMKG Minta Masyarakat Waspada


Atalya Puspa | Humaniora

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, terutama wilayah Jabodetabek, untuk mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi. Sebab, puncak musim hujan diperkirakan masih berlangsung hingga awal Maret mendatang.

"Saat ini, sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, berada dalam periode puncak musim hujan," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Rajab saat dihubungi, Jumat (19/2).

"Sehingga hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, masih berpotensi terjadi di Jabodetabek dalam beberapa hari ke depan," imbuhnya.

Baca juga: Genangan Air Berwarna Putih Pekat di Sunter Diselidiki

Lebih lanjut, dia mengingatkan warga agar terus memantau perkembangan informasi cuaca dari BMKG. Informasi bisa diakses lewat situs resmi, aplikasi mobile, serta kanal media sosial milik BMKG.

"Waspada potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan longsor. Akibat masih tingginya intensitas curah hujan," pungkas Fachri.

Masyarakat yang banyak beraktivitas di luar ruangan, diimbau untuk mempersiapkan diri di tengah musim hujan. "Persiapkan perlengkapan pendukung. Misalnya, payung atau jas hujan," tutupnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT