19 February 2021, 12:25 WIB

Badan POM Segera Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin AstraZeneca


Faustinus Nua | Humaniora

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Penny K Lukito mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera menerbitkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat untuk vaksin AstraZeneca.

"InsyaAllah dalam beberapa hari ke depan kami sudah bisa mengeluarkan emergency use authorization-nya dan segera vaksin tersebut bisa masuk," ungkapnya dalam konferensi pers Penelitian Recovery Universitas Indonesia, Jumat (19/2).

Meski demikian, Penny mengatakan izin yang akan diterbitkan tersebut tidak berlaku untuk semua vaksin AstraZeneca yang nanti masuk ke Tanah Air. Artinya, EUA kali ini diterbitkan untuk AstraZeneca yang masuk melalui jalur Covax.

"Yang bilateral sedang berproses. Itu karena diproduksi oleh fasilitas yang berbeda. Nanti ada proses tersendiri lagi ya untuk EUA-nya," jelasnya.

Lebih lanjut, vaksin AstraZeneca yang masuk melalui skema COVAX sudah diterbitkan emergency use listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Badan POM sudah menerima data-datanya dan tengah berproses.

Dengan kehadiran vaksin asal Inggris tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan. Ujungnya, vaksin dapat mempercepat program vaksinasi nasional untuk mencapai 70% populasi sebagaimana menjadi syarat herd immunity. (OL-14)

BERITA TERKAIT