16 February 2021, 14:50 WIB

Aplikasi Apotek Digital Lindungi Warga dari Ancaman Covid-19


Mediaindonesia.com | Humaniora

DENGAN perkembangan teknologi ke era digital, Itommey Group meluncurkan aplikasi apotek digital dengan nama OnlineMedis. Tidak hanya dilengkapi fitur belanja online, Apotek OnlineMedis juga menyediakan konsultasi dengan dokter praktik melalui fitur video call.

"Di tengah pandemi covid-19, sejak Maret 2020 sampai hari ini penularan virus masih terus mengalami peningkatan. Kami ingin ikut berkontribusi membantu masyarakat, dokter serta pemerintah dalam meminimalisasi penularan virus dengan meluncurkan aplikasi OnlineMedis yang memiliki berbagai macam fitur bermanfaat," ujar Meila Prafitria selaku CEO Itommey Group dalam keterangan resminya, Selasa (16/2). Peluncuran aplikasi OnlineMedis dilakukan pada Sabtu (13/2) sekaligus talkshow yang diselenggarakan  di Live Youtube OnlineMedis.

Itommey Group berawal dari perusahaan teknologi informasi yang berkomitmen membantu transformasi digital di perusahaan. Kini perusahaan itu juga berkomitmen membantu masyarakat dengan menghadirkan layanan kesehatan digital berbasis telemedicine. Tidak tanggung-tanggung, Itommey Group juga siap membantu rumah sakit atau klinik yang belum memiliki layanan konsultasi dokter secara online dengan video call.

Aplikasi OnlineMedis berbasis telemedicine via video call, yakni pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh. Masyarakat dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online melalui video call dengan dokter yang telah resmi memiliki izin praktik di Apotek OnlineMedis. Aplikasi ini juga memiliki fitur pendeteksi detak jantung yang dapat membantu dokter dalam melakukan diagnosis.

OnlineMedis juga memudahkan pasien dengan menyediakan fitur pembayaran elektronik. Pasien dapat menghemat biaya dan terhindar dari terpapar virus karena tidak perlu pergi ke luar rumah di tengah pandemi untuk melakukan konsultasi kesehatan dan mengantre administrasi di rumah sakit.

Selain itu, OnlineMedis memiliki fitur yang dapat memberikan surat rujukan dari dokter kepada pasien untuk melakukan pemeriksaaan laboratorium dan rontgen. Surat istirahat dari dokter juga dapat diberikan untuk pasien rawat jalan.

OnlineMedis yang juga memiliki apotek dengan nama Apotek OnlineMedis menyediakan berbagai macam obat-obatan, vitamin, alat kesehatan, dan masih banyak lagi. "Produk-produk di Apotek OnlineMedis dapat dibeli secara langsung di apotek ataupun secara online dengan obat yang siap dikirim ke rumah pasien melalui kurir. Anda dapat mengunduh atau men-download aplikasi OnlineMedis di Google Play Store,” tambah Meila.

OnlineMedis juga merupakan solusi terbaik bagi para dokter agar terhindar dari terpapar virus tetapi tetap dapat merawat pasien. Terkadang dokter masih mengutamakan praktik langsung karena khawatir pendapatannya berkurang, tetapi sekarang tak perlu khawatir lagi. Di OnlineMedis, dokter tetap bisa memperoleh penghasilan yang hampir sama dengan praktik langsung di rumah sakit atau klinik. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT