28 January 2021, 14:14 WIB

Sandiaga Mulai Berkantor Harian di Bali


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno resmi berkantor harian di Bali. Itu sebagai komitmen Sandi, sapaan akrabnya, untuk merasakan langsung dampak pandemi covid-19 terhadap sektor pariwisata.

Bali diketahui menjadi provinsi yang paling terdampak pandemi covid-19, yang menggerus industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pandemi covid-19 ini benar-benar menggerus pariwisata di Bali. Sekitar 80% masyarakatnya yang bergantung hidup pada sektor parekraf terdampak langsung. Ini yang harus kita perjuangkan," ungkap Sandi dalam keterangan resmi, Kamis (28/1).

Baca juga: Sandiaga Ajak Singapura Bahas Potensi Travel Bubble

Merosotnya pendapatan masyarakat dibenarkan sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jumlah kedatangan wisatawan yang anjlok selama pandemi covid-19 sangat menyulitkan dunia usaha.

Sandi menegaskan bakal mengucurkan insentif kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi covid-19. Begitu juga dengan program vaksinasi, yang diharapkan memprioritaskan pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Bali Terima Dana Hibah Pariwisata Rp1,183 Triliun

Lewat vaksinasi covid-19 dan protokol kesehatan dalam CHSE, pihaknya optimistis dapat melahirkan sektor pariwisata yang sehat. Tujuannya meningkatkan keamanan dan kepercayaan wisatawan untuk kembali datang ke Bali.

"Insentif kepada mereka yang terdampak harus diberikan, agar ada modal kerja untuk melanjutkan usaha. Begitu juga vaksinasi dan CHSE diharapkan bisa memicu kedatangan wisatawan dan mengembalikan perekonomian masyarakat," pungkas Sandi.(OL-11)

BERITA TERKAIT