25 January 2021, 19:57 WIB

Kasus Covid-19 Hampir 1 Juta, Kemenkes: Perketat Prokes


Putri Anisa Yuliani | Humaniora

JUMLAH kasus positif covid-19 di Indonesia hingga saat ini hampir mencapai 1 juta orang. Per Senin (25/1), terdapat penambahan 9.994 kasus baru covid-19, sehingga totalnya menjadi 999.256 kasus.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menekankan bahwa data kasus covid-19 jangan hanya dilihat sebagai angka. Dia pun meminta masyarakat agar semakin patuh terhadap protokol kesehatan.

"Jangan dilihat sebagai angka hampir 1 juta. Mau angka kecil atau besar, masyarakat harus melaksanakan protokol kesehatan," ujar Siti dalam diskusi virtual, Senin (25/1).

Baca juga: Kemenkes Instruksikan Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur Covid-19

Apalagi, pemerintah pusat sudah menginstruksikan pemerintah daerah untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampi 8 Februari mendatang. Siti berharap langkah ini dapat meningkatkan edukasi terkait protokol kesehatan di tengah masyarakat.

"Sudah banyak yang dilakukan pemerintah untuk melakukan edukasi (protokol kesehatan). Ini harus terus berjalan, juga dengan sosialisasi. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menanggulangi covid-19," pungkas Siti.

Baca juga: Soal Laporan PPKM, Jakarta dan Bandung Disebut Paling Responsif

Untuk menghambat laju penyebaran covid-19, pemerintah pusat maupun daerah terus meningkatkan kapasitas testing, rumah sakit, hingga tenaga medis.

Namun, Siti berpendapat sebesar apapun upaya menambah fasilitas dan tenaga kesehatan untuk menangani pasien covid-19, tidak akan cukup jika penularan virus tidak berkurang.

"Karena menambah fasilits kesehatan itu solusi di hilir. Kita harus menangani juga di hulunya. Seperti kata Pak Menteri Kesehatan, bila sumber bocornya tidak ditambal, ya tetap akan meluber," tutup dia.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT