25 January 2021, 04:10 WIB

Ada Pelonggaran Usia Umrah bagi Jemaah Indonesia


Syarief Oebaidillah | Humaniora

KALANGAN Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah ( PPIU) dan calon jemaah umrah di Tanah Air kini dapat bernafas lega. Pasalnya, terbetik kabar baik dari Tanah Suci, Arab Saudi, yakni batas usia 18-50 tahun untuk umrah dilonggarkan menjadi 18-60 tahun.

Hal tersebut diakui Konsul Haji RI Jeddah di Arab Saudi Endang Jumali saat dikonfirmasi Media Indonesia, Minggu (24/1). "Ketentuan beribadah umrah usia menjadi 18-60 tahun tidak tertulis dan tidak di-publish. Hal ini sudah saya komunikasikan dengan Wakil Menteri Haji IT dan Umroh Arah Saudi Mr Hisyam Said yang mengemukakan hal ini bentuk apresiasi pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia dengan animo keinginan umrah yang begitu besar dari Indonesia," ungkap Endang Jumali.

Dengan kelonggaran usia umrah di masa pandemi, Endang berharap menjadi bagian dari upaya ke arah lebih baik dengan peluang penyelenggaraan  haji pada 2021 dengan berbagai pertimbangan kondisi pandemi covid-19. Terkait vaksin bagi jemaah, Endang mengutarakan belum ada ketentuan tertulis kendati sempat diwacanakan oleh Menteri Haji Saudi.

Sebelumnya, Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) Zaky Zakaria mengutarakan terkait informasi terbaru dari beberapa muassasah, Arab Saudi menyatakan syarat umur bagi jemaah umrah khusus warga Indonesia dari ketentuan usia 18-50 tahun menjadi 18-60 tahun. "Kabar baik dan valid dari Muasasah Arab Saudi bagi jemaah umrah khusus Indonesia bisa berumrah usia 18-60 tahun. Hal ini kami sambut baik bagi masyarakat muslim Indonesia karena pendaftar umrah yang berusia di atas 50 tahun sangat banyak," tukasnya.

Zaky menambahkan pembukaan penerbangan umrah internasional telah mulai digelar pemerintah Saudi sejak 3 Januari 2021. Indonesia telah mulai menerbangkan jemaah umrah sebanyak tiga kelompok sepanjang tahun ini masing-masing pada 9, 10, dan 11 Januari 2021. (OL-14)

BERITA TERKAIT