24 January 2021, 14:25 WIB

Menkominfo Ajak Wartawan Katolik Sukseskan Program Vaksinasi Covid


Faustinus Nua | Humaniora

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak wartawan katolik Indonesia untuk mendukung program-program pemerintah. Secara khusus di masa pandemi Covid-19, program vaksinasi nasional menjadi harapan untuk bisa mengakhiri krisis saat ini.

“Dalam hal penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, marilah kita awak media nasrani Indonesia bersama-sama seluruh saudara sebangsa dan setanah air bekerja keras, bekerja serius dan bekerja mati-matian untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mengakhiri dan memutus rantai Covid-19,” ungkapnya dalam sambutan Buka Tahun Bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) yang digelar secara daring, Sabtu (23/1) malam.

Menurut Johnny, vaksinasi merupakan salah satu upaya serius pemerintah. Meski demikian, untuk mengatasi pandemi ini diperlukan kolaborasi semua pihak termasuk masyarakat dan wartawan sendiri.

Apalagi sejumlah negara sudah melaporkan adanya varian baru virus korona yang lebih cepat menyebar. Sementara Indonesia sendiri, sedang diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk daerah Jawa-Bali hingga 8 Februari 2021 mendatang.

"Marilah kita mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi aktif dalam kampanye vaksinasi Covid-19 untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok, sambil tetap melaksanakna protokol kesehatna secara ketat, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan-kerumunan yang tidak perlu,” tambah Johnny.

Acara malam itu diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Staf Dewan Kepausan untuk Dialog Antara Umat Beragama di Tanah Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta, SVD. Dubes Indonesia untuk Vatikan L Amrih Jinangkung dan Dirjen Bimas Katolik Y Bayu Samadro turut memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu, diberikan juga penghargaan Terima Kasihku Kepadamu dari PWKI kepada empat tokoh inspiratif sepanjang tahun 2020, yakni Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Munardo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anne Avantie.

Ketua KPK Komjen Firli Bahuri mengapresiasi penghargaan itu. Menurutnya, kerja sama insan media dan penegak hukum di tengah pandemi sangat penting dalam mengawal setiap program pemerintah.

"Pandemi Covid-19 tetap melanda kita tetapi wartawan, rekan-rekan semua PWKI tetap semangat dengan komitmen, terus bekerja dan berkarya untuk bangsa," ucapnya. (H-2)

BERITA TERKAIT