23 January 2021, 10:30 WIB

Melihat Indonesia: Merefleksi Bencana di Awal Tahun


Humaniora | Humaniora

Belum lepas dari pandemi Covid-19 di tahun 2020, kini banjir bandang, tanah longsor, erupsi gunung berapi, abrasi pesisir, kecelakaan transportasi, gempa bumi, menjadi refleksi keprihatinan bagi Indonesia di awal tahun 2021.

Bencana yang melanda umat manusia tersebut terjadi bukan karena sebab. Sedikit banyak umat manusia turut menorehkan peran pada nestapa dunia yang terjadi. Dari bencana alam yang bertubi itu, alam semesta memberikan tanda baca yang nyata bagi umat manusia untuk kembali memperkokoh penghormatan kepada lingkungan hidupnya.

Baca juga: Doni Monardo Positif Covid-19

Untuk merefleksikan hal tersebut Eagle Institute Indonesia menayangkan kembali sebuah film kebencanaan berjudul Air Bah di Lebak yang merupakan film dokumenter yang merekam dari dekat dampak banjir bandang dan tanah longsor pada 1 Januari 2020 yang meluluhlantakkan desa-desa dan menghanyutkan korban mahluk hidup di Lebak, Banten.

“Akibat banjir ini puluhan rumah hilang tanpa bekas, ratusan warga mengungsi serta hilangnya berbagai akses fasilitas publik. Rumah saya hilang, awalnya sedih sekali tapi keluarga membesarkan hati yang penting kami semua selamat. dari situlah kami mulai tenang,” ungkap Maroji salah satu korban banjir bandang Lebak.

Salah satu yang terdampak parah saat itu hilang nya sekolah dasar Banjari Irigasi yang memiliki ratusan murid. mereka terpaksa belajar di tenda-tenda darurat atau di rumah warga.

“Meski kena musibah tapi anak-anak tetap harus sekolah karena ini bagian dari trauma healing juga. Kita terbantu banyak relawan yang datang dan mengajar di sini. meski kita dalam keterbatasan tidak menjadi alasan untuk mematahkan semangat belajar anak-anak,” ungkap Yuniartini, salah satu guru di SD Banjar Irigasi.

Tayangan ini diharapkan dapat menyadarkan bahwasanya Sang Maha Pencipta memberikan amanat bagi manusia untuk menjaga harmoni alam dari nafsu keserakahan yang menyebabkan kerusakan di muka bumi.

Saksikan film okumenter berjudul Air Bah di Lebak dalam program Melihat Indonesia paga Minggu, 24 januari 2021 pukul 08.30 WIB di Metro TV. (H-3)

BERITA TERKAIT