22 January 2021, 16:28 WIB

Ahli Vaksin: Jangan Tunda Vaksin Anak Karena Pandemi Covid-19


 Putri Anisa Yuliani | Humaniora

VAKSINOLOG Dirga Sakti Rambe mengimbau agar masyarakat tidak menunda imunisasi dasar yang wajib didapat anak berusia 0-2 tahun meski saat ini ada wabah Covid-19.

Para orangtua tetap wajib mendatangi Puskesmas terdekat untuk memberikan vaksin terhadap anak-anaknya.

"Apakah vaksin boleh ditunda di kala pandemi. Jawabannya tidak boleh," kata Dirga dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Pemprov DKI Jakarta.

Dirga yang juga spesialis di bidang penyakit dalam ini menuturkan bila cakupan imunisasi turun akan berpotensi menimbulkan 'outbreak' atau kejadian liar biasa (KLB) wabah lainnya seperti campak, polio, atau difteri karena imunisasi yang ditunda.

Dirga menekankan memberikan vaksin di kalan pandemi tetap bisa berjalan aman. Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan, para orangtua bisa menghubungi terlebih dulu puskesmas terdekat bila hendak melakukan vaksinasi dasar pada anak.

Jika telah terlanjur tertunda, para orangtua disarankan segera menghubungi puskesmas terdekat untuk memvaksin anak.

"Tidak apa-apa kalau terlanjur tertunda. Bisa segera mengejar ketertinggalan vaksin. Karena vaksin itu bisa dikejar," jelasnya.

Di sisi lain, ia menjelaskan beberapa alasan lainnya para orangtua menunda vaksin anak seperti jika anak sedang sakit.

"Kalau hanya batuk pilek tanpa demam boleh vaksin. Tapi kalau demam lebih dari 38 derajat Celcius itu harus menghindari vaksin sementara," terangnya. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT