22 January 2021, 02:40 WIB

Asosiasi Rumah Sakit Dukung Vaksinasi Mandiri


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

PERHIMPUNAN Rumah Sakit Indonesia mengapresiasi upaya pemerintah yang menjamin vaksinasi covid-19 secara gratis untuk masyarakat. Di mana upaya itu dilakukan bertahap dengan sistem pendaftaran dan pemberian sesuai ketersediaan vaksin. 

Pihak Persi bahkan mendukung opsi vaksinasi secara mandiri. "Tentu ada sekelompok orang yang ingin mendapatkan vaksin dengan biaya sendiri karena berbagai alasan. Kami mendukung kebijakan bagi pihak swasta untuk ikut membantu percepatan vaksinasi covid-19 melalui program vaksin mandiri," ujar Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan Persi Daniel Wibowo, Kamis (21/1).

Baca juga: Epidemiolog: Jangan Ada Diskriminasi dalam Program Vaksinasi

Seperti obat pada umumnya, vaksin mandiri yang akan dipakai ialah vaksin yang memiliki izin edar di Indonesia. Tentunya setelah ada kepastian efektivitas dan keamanan. " Vaksin bisa diimpor oleh impotir swasta, apabila berhasil mendapatkan suplainya," imbuh Daniel.

Namun, dia menegaskan bahwa mekanisme pemberian vaksin covid-19 harus dilaporkan kepada pemerintah. Sehingga, penerima vaksin mandiri tidak tercampur dengan kelompok penerima vaksin gratis. Berikut dengan biaya vaksin yang digunakan untuk vaksin mandiri, lanjut dia, harus diawasi pemerintah.

Ditanyai soal harga vaksin mandiri, Daniel menyebut belum mendapat informasi. Menurutnya, ada berbagai faktor yang memengaruhi harga vaksin covid-19.(OL-11)

BERITA TERKAIT