21 January 2021, 23:50 WIB

Tingkatkan Layanan Haji & Umrah, Asosiasi Gaphura Resmi Berdiri


Syarief Oebaidillah | Humaniora

GUNA meningkatkan pelayanan umrah dan haji yang lebih baik, sejumlah Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) merapatkan barisan membentuk Gabungan Pengusaha Haji, Umrah dan Wisata Halal Nusantara (Gaphura).

“Bismillah kami tergabung pada asosiasi umrah dan haji Gaphura resmi berdiri hari ini. Kami hadir untuk melayani. Namun,ibarat bayi yang baru lahir kami masih harus banyak belajar dengan kalangan asosiasi haji dan umrah yang hadir disini seperti Amphuri, Kesthuri, Asphurindo dan lain lain,” kata Ketua Dewan Pembina Gaphura Baluki Ahmad saat peluncuran asosiasi umrah haji tersebut di Jakarta, Kamis (21/1).

Dikatakan dengan kondisi pandemi yang masih tinggi .semangat ukhuwah dalam rangka gerakan organisas gaphura ini tidak mempersaingkan satu organisasi dengan yang lain .

”Kita bergabung bersama Gaphura ini memenuhi aspirasi para anggota travel haji dan umrah yang ingin lebih cepat adaptif dan komitmen melayani lebih baik,” kata Baluki yang pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Umrah dan Haji (Himpuh).

Baluki yang juga Ketua Harian Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umroh (Forum SATHU) berharap ke depan penyelenggaraan umrah di tengah pandemic mendapat keleluasaan tidak dibatasi faktor usia yang dibatasi berkisar usia 18-50 tahun.

Ketua Umum Gaphura M Ali mengutarakan gagasan berdirinya Gaphura dirintis sejak tanggal 11 November 2020 dengan komitmen pelayanan yang adaptif,kolaboratif dan inovatif bagi anggota asosiasi serta calon jemaah umrah haji. 

Baca juga : Siapkan Generasi Muda Hadapi Transformasi Digital

“Kami akan terus berupaya berkolaborasi dengan baik pada internal anggota juga secara eksternal dengan Forum Sathu,” tegasnya.

M Ali mengaku optimistis ditengah tiarapnya berbagai sektor usaha yang terdampak pandemic, namun I barat pucuk tumbuh dari batang tumbang, perjalanan Umrah Haji tetap membuka peluang. Fondasi umrah dan haji sangat kokoh karena merupakan panggilan suci bagi setiap sanubari yang mengimani.

Bendahara Gaphura Aan Andritin menambahkan sebagai smart organize bagi gabungan pengusaha haji umrah, mencanangkan dari Ground Zero ini membangun kembali industri jasa perjalanan umrah dan haji ke depan yang lebih masif melalui upaya kolaboratif yang adaptif, inovatif dan kreatif. 

Dalam kesempatan itu, Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim secara virtual memberi ucapan selamat pada jajaran Gaphura seraya berpesan agar dapat berkolaborasi dengan baik bersama Kemenag dalam memberi pelayanan bagi jemaah haji dan umrah khusus di tanah air.

Pada peluncuran Gaphura ini nampak hadir Ketua Pembina Forum Sathu Fuad Masyhur, Sekretaris Forum Sathu Artha Hanif, Ketua Umum Kesatuan Travel Haji dan Umrah RI (Kesthuri), Asrul Aziz Taba, Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelengara Haji dan Umrah RI (Amphuri) Firmanzah, Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound (Asphurindo) Magnatis Chaidir, dan lain lain. (OL-7)

BERITA TERKAIT