20 January 2021, 09:00 WIB

Wapres Ajak Rakyat Bergotong Royong Saat Bencana


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat menyampingkan ego saat ini. Masyarakat diminta saling bergotong royong membantu korban bencana alam.

"Saya mengingatkan agar dalam kondisi darurat seperti ini, masing-masing pihak bekerja sama, saling membantu dan mengingatkan," tulis Ma'ruf dalam akun Instagram @kyai_marufamin, Rabu (20/1).

Ma'ruf mengatakan, di awal 2021, Indonesia sedang diuji dengan banyak bencana alam. Sebanyak 136 bencana terjadi di Indonesia sejak 1 Januari 2021 sampai 16 Januari 2021.

Baca juga: Alat Diseminasi BMKG Rilis Info Gempa Susulan Mamuju dalam 3 Menit

"Bencana alam yang mendominasi adalah bencana hidrometeorologi. Peristiwa banjir sebanyak 95 kejadian, tahan longsor 25, puting beliung 12, gempa bumi dia, dan gelombang pasang dua kejadian," ujar Ma'ruf.

Korban akibat bencana alam pun sudah banyak. Tercatat, sudah ada 80 korban jiwa, 858 orang luka-luka, dan 405.584 orang mengungsi karena bencana.

Atas dasar itulah, dia meminta masyarakat untuk bergotong royong membantu para korban bencana.

Ma'ruf minta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah daerah, dan kementerian terkait untuk bergerak cepat menolong para korban. Evakuasi korban diminta diutamakan.

"Menyiapkan penampungan. Baik tenda darurat, maupun gedung-gedung milik pemerintah daerah sebagai tempat penampungan sementara. Begitupun logistik. Usahakan secepatnya terpenuhi," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga menyampaikan dukanya untuk para korban. Masyarakat dan para penyintas diminta berdoa agar bencana alam segera berlalu.

"Saya menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarganya. Saya mendoakan agar para korban mendapat tempat di sisi-Nya. Kepada para penyintas, saya menyampaikan empati yang mendalam," pungkas Ma'ruf. (OL-1)

BERITA TERKAIT