19 January 2021, 01:38 WIB

Ada RS Promosikan Vaksin Mandiri, Persi : Sabar, Tunggu Kebijakan 


SuryaniWandari Putri Pertiwi | Humaniora

PEMERINTAH Indonesia telah menetapkan 6 vaksin virus korona yang akan digunakan untuk vaksinasi di tanah air.Diantaranya Sinovac Biotech dari Tiongkok, vaksin Merah Putih produksi dalam negeri, AstraZeneca-Oxford dari Inggris, Sinopharm dari Tiongkok, Pfizer dan Moderna dari Amerika Serikat.

Vaksinasi Covid-19 telah dimulai Rabu, 13 Januari 2021 kepada Presiden Joko Widodo dan beberapa tokoh yang kemudian disusul kepada tenaga kesehatan. 

Saat ini pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat belum dilakukan. Namun beberapa rumah sakit telah melakukan preorder atau pre-registrasi vaksin virus korona. Hal tersebut nampak dari beberapa postingan di media sosial sejumlah RS

Menanggapi hal itu Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Daniel Wibowo mengatakan vaksin mandiri ini memang rencana dari pemerintah namun belum diketahui kepastiannya. 

Baca juga : Eijkman Disebut Pengembang Vaksin Merah Putih Tercepat

"Vaksin mandiri masih merupakan wacana dari pemerintah, yang belum ada juklaknya," kata Daniel. 

Ia juga mengatakan, pihakya telah berkordinasi dan memperingatkan untuk menunggu bekbijakan vaksin mandiri tersebut. 

"Dari Persi sudah memperingatkan Rumah Sakit agar bersabar menunggu kejelasan dari kebijakan vaksinasi Covid-19 yang mandiri,'katanya. (OL-7)

BERITA TERKAIT