15 January 2021, 02:41 WIB

Influencer Dilibatkan dalam Vaksinasi Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Humaniora

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memastikan Pemprov DKI Jakarta juga akan mengikutsertakan 'influencer' atau tokoh berpengaruh dalam program pencanangan vaksin covid-19 yang dijadwalkan dilangsungkan Jumat, 15 Januari 2021.

Widyastuti menyebut, dalam beberapa kali rapat, keberadaan tokoh publik seperti pejabat atau tokoh yang berpengaruh dalam program vaksin ini perlu untuk menyosialisasikan vaksin secara luas kepada masyarakat. 

Baca juga: Menristek Minta Pasien Sembuh Covid-19 Diwajibkan Donor Plasma

"Sementara, untuk pencanangan tingkat provinsi akan dilakukan esok hari (15/1) kepada 21 orang yang akan dilakukan penyuntikan," kata Widyastuti dalam konferensi pers daring, Kamis (14/1).

Para tokoh tersebut di antaranya pejabat tinggi di Pemprov DKI Jakarta seperti Sekda DKI hingga Deputi Gubernur. Untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Widyastuti menegaskan belum akan mendapatkan vaksin. Sebabnya, kedua tokoh tersebut pernah terpapar covid-19.

"Karena untuk mendapat vaksin covid dari Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan kriterianya bahwa untuk para penyintas covid sementara belum menjadi prioritas," jelasnya.

Untuk tokoh publik yang direncanakan ikut dalam pencanangan program vaksin tingkat provinsi seperti dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), asosiasi dokter paru, dan dari asosiasi dokter spesialis anak. Sementara untuk 'influencer' media sosial atau selebritis, Widyastuti enggan untuk mengungkapkannya.

"Karena meski sudah mendapat e-tiket dari kami untuk divaksin tapi kan harus tetap diperiksa dulu apakah bisa mendapat vaksin. Jadi tidak bisa diumumkan," ungkapnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT