15 January 2021, 08:05 WIB

Keberhasilan Vaksinasi Covid-19 butuh Komitmen Bersama


Atalya Puspa | Humaniora

PERSATUAN Perawat Nasional Indonesia (PPNI) meminta pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi menunjukkan komitmennya pada program vaksinasi nasional covid-19 yang baru dimulai.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Penanganan Covid-19 PPNI Jajat Sudrajat merespon masih adanya publik figur dan pejabat publik yang masih memberikan contoh buruk kepada masyarakat seperti masih berkerumun setelah vaksinasi dan menolak vaksinasi.

"Harusnya publik figur dan pejabat publik memberikan contoh yang baik untuk masyarakat. Pandemi ini bisa diatasi jika ada komitmen bersama seluruh elemen bangsa," kata Jajat kepada Media Indonesia, Kamis (14/1).

Pasalnya, Jajat mengungkapkan, seiring dengan banyaknya rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang semakin kewalahan menangani pasien yang terus bertambah setiap harinya, perjuangan tenaga kesehatan semakin berat.

Untuk diketahui, berdasarkan data Tim Mitigasi Persatuan Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dari Maret hingga akhir Desember 2020 terdapat total 504 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi covid-19, yang terdiri dari 237 dokter dan 15 dokter gigi, 171 perawat, 64 bidan, 7 apoteker, 10 tenaga laboratorium medik. (H-2)

 

BERITA TERKAIT