14 January 2021, 19:01 WIB

Rapat Perdana di DPR, Sandiaga Soroti Pemulihan Pariwisata


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan rapat kerja perdana dengan Komisi X DPR RI. Dia yang belum lama dilantik pun mengutarakan agenda utama pemulihan pariwisata pada 2021.

"Pertama, akselerasi pembangunan infrastruktur di lima destinasi prioritas. Kedua, penyiapan calender of event di setiap destinasi terutama di lima destinasi super prioritas," papar Sandiaga, Kamis (14/1).

Baca juga: Ini Harta 6 Menteri Baru, Sandiaga Uno Terkaya

Agenda berikutnya terkait dengan upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dalam hal ini, dengan penerapan aspek K4 (kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan) pada setiap destinasi pariwisata.

"Sehingga, wisatawan merasa aman dan nyaman. Pada 2021, Insyaallah sebagai tahun pemulihan," imbuh mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Dia kemudian menjelaskan agenda selanjutnya, yakni memajukan ekonomi kreatif sebagai lokomotif pencipta lapangan pekerjaan. Menurutnya, jumlah pekerja di sektor pariwisata yang terdampak pandemi covid-19 mencapai 13 juta orang. Untuk sektor ekonomi kreatif, dampaknya menyasar 20 juta pekerja.

Baca juga: Geliat Pariwisata Bisa Cegah Pelambatan Ekonomi Berkelanjutan

"Tiga platform Kementerian Parekraf akan menitikberatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Inovasi karena kita akan menyelesaikan semua permasalahan dengan solusi dan alternatif baru," tuturnya.

Terkait dengan kolaborasi, politikus Gerindra siap bekerja sama dengan semua stakeholder terkait kampenye protokol kesehatan atau 4K. "Saya rasa kita semua sepakat kolaborasi, khususnya pentahelix. Ini sangat dibutuhkan," pungkas Sandiaga.(OL-11)

BERITA TERKAIT