14 January 2021, 18:33 WIB

Ariel Noah dan Tenaga Medis Jalani Vaksinasi di Bandung


Faustinus Nua | Humaniora

Tahap awal vaksinasi Covid-19 sudah dimulai sejak Rabu (13/1) dengan Presiden Joko Widodo sebagai orang pertama yang menerima vaksin Sinovac buatan Tiongkok. Hari ini, tahap vaksinasi mulai dilakukan di berbabagai daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa hari ini, Kamis (14/1) ribuan tenaga kesehatan, bersama pimpinan daerah, pemuka agama, pimpinan profesi dan influencer menjalani vaksinasi di Jawa Barat.

"Ada Wagub Jabar @ruzhanul , ada @arielnoah, ada @dj.urreh dari bobotoh divaksin dll. Masing-masing akan divaksin 2 kali berselang 14 hari, dan pasukan antibodi akan muncul secara maksimal di 3 bulan setelahnya," tulisnya di akun Instragram saat menyaksikan proses vaksinasi di wilayah Jabar, Kamis (14/1).

Meski telah memulai vaksinasi nasional, gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu meminta masyarakat untuk tidak euforia dulu. Prokol kesehatan tetap harus dipatuhi, lantaran vaksinasi hanya akan efektif bila dibarengi dengan kepatuhan pada protokol kesehatan lainnya.

"Karenanya jangan euforia dulu setelah divaksin. Seperti rasa cinta dan sayang, hadirnya antibodi juga butuh waktu dan proses. Tetap gunakan protokol 3M," lanjutnya.

Dia pun menegaskan bahwa vaksin Covid-19 yang hadir di Tanah Air sudah aman dan halal. Masyarakat tidak perlu khawatir dan jangan mudah percaya pada informasi yang tidak benar. Mengingat vaksin Sinonac sudah melalui uji klinis dan mendapat izin Badan POM serta sertifikasi halal dari MUI.

"Vaksin covid ini sudah aman dan halal seperti yang disampaikan Badan POM dan MUI. Jangan percaya lain-lain, percayakan pada Badan POM untuk isu kesehatannya dan percayakan pada MUI untuk kehalalannya," tambahnya.

"Jadikan 2021 tahun pulih dari pandemi dan pulih ekonomi," pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT