14 January 2021, 14:29 WIB

Ratusan Karyawan MI Donorkan Darah Peduli Covid-19


Atalya Puspa | Humaniora

DALAM rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-51, Media Indonesia (MI) menggelar acara donor darah dan pemeriksaan kesehatan yang diadakan di Ruang Rapat Besar Kantor Media Group, Kamis (14/1).

Ketua Panitia HUT MI Ke-51 Iis Zatnika mengungkapkan, agenda tersebut dilakukan sebagai bentuk kontribusi Media Indonesia kepada masyarakat, mengingat di masa pandemi covid-19 stok darah berkurang jumlahnya dibanding sebelum pandemi.

"Pemeriksaan kesehatan dan donor darah ini kita selenggarakan sebagai bentuk kontribusi Media Indonesia kepada masyarkat, karena di masa pandemi covid-19 ini stok darah berkurang. Pemeriksaan kesehatan juga sangat berguna bagi karyawan Media Indonesia dan Media Group karena saat WFH kita juga harus tetap memerhatikan kondisi kesehatan," kata Iis.

Dari acara donor darah yang diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB tersebut, Iis menargetkan untuk mengumpulkan sebanyak 50 kantong darah yang nantinya akan langsung dibawa oleh PMI Kabupaten Tangerang.

"Kita menargetkan minimal mengumpulkan 50 kantong darah hari ini dan semoga ini bermanfaat untuk masyarakat luas," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dokter PMI Kabupaten Tangerang Ade Gartinah mengakui, selama pandemi covid-19, pendonor darah berkurang sebanyak 50%. Hal tersebut yang mengakibatkan stok darah berkurang.

"Pendonornya banyak berkurang dan mungkin sekitar 50% dari sebelum pandemi. Karena adanya PSBB, dan orang-orang banyak di rumah dan mungkin merasa takut untuk donor darah," katanya.

Namun demikian, Ade memastikan bahwa donor darah di masa pandemi tetap aman dilakukan. Pasalnya, petugas pengumpul darah telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan APD, masker, menyemprot disinfektan setiap alat yang digunakan dan melakukan swab test terlebih dahulu sebelum bertugas.

"Jangan takut untuk donor darah, karena donor darah berguna untuk kesehatan dan tetap aman selama pandemi covid-19. Masyarakat bisa langsung daftarkan diri melalui aplikasi Sidoni yang dapat diunduh di Playstore dan mendaftarkan diri untuk donor darah," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Dilanjutkan

BERITA TERKAIT