14 January 2021, 02:40 WIB

Tahapan Vaksinasi bagi para Tenaga Kesehatan


Faustinus Nua | Humaniora

PENDAFTARAN atau registrasi tenaga kesehatan yang memperoleh vaksinasi covid-19 dapat dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi atau web pedulilindungi.id dan Call/UMB *119#. Regitrasi akan ditutup 13 Januari pukul 24.00 untuk dilakukan evaluasi.

"Bagi mereka yang tidak merespons atau tidak punya fasilitas, nanti ada petugas yang mendatangi antara lain melibatkan dari TNI/Polri," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Anas Ma'ruf dalam konferensi pers, Rabu (13/1).

Dijelaskannya, vaksinasi SDM kesehatan dimulai 14 atau 15 Januari di provinsi dan kabupaten/kota setelah dilakukan evaluasi.

Tahapan vaksinasi bagi para tenaga kesehatan yaitu menerima SMS blast, melakukan registrasi, mendapatkan e-ticket vaksin (jadwal dan tempat menerima vaksin), pelaksanaan vaksinasi, dan menerima digital sertificate.

Terdapat beberapa aplikasi pemerintah yang sudah diintegrasi dalam sistem satu data vaksinasi. Dengan demikian, data penerima vaksinasi mulai dari filtering prioritas penerima vaksin, pelaksanaan, hingga monitoring dapat terus dipantau.

"Data base sudah ada dalam sistem aplikasi ini meskipun masih perlu dilakukan update, dilakukan evaluasi untuk ketepatan data-data di dalam data base," terang Anas. (OL-14)

BERITA TERKAIT