13 January 2021, 19:21 WIB

Kemenkes : Baru 71 Ribu Nakes Lakukan Registrasi Vaksinasi


Faustinus Nua | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan RI mencatat baru sekitar 71 ribu tenaga kesehatan (nakes) yang sudah melakukan registrasi vaksinasi Covid-19 per Rabu (13/1) malam. Angka tersebut masih jauh dari jumlah SMS Blast yang dikirim ke 500 ribu nakes.

"Kamis sudah bisa melihat di dashboard memang saat ini kurang lebih baru sekiyar 71 ribu yang melakukan registrasi dan kita tunggu sampai malam karena itu terus bergerak," ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Anas Ma'ruf dalam konferensi pers, Rabu (13/1) malam.

Anas mengatakan registrasi akan di tutup pukul 24.00 hari ini. Selanjutnya, Kemenkes akan melakukan evaluasi persiapan vaksinasi tahap 1 pada 14 atau 15 Januari.

"Kamis sudah memberikan SMS Blast itu kepada 500 ribu orang di 91 kota sejak tanggal 12 (Januari) malam," imbuhnya.

Baca juga : Kang Emil: Penolak Vaksi Membahayakan Publik

Dia mengharapkan para nakes bisa segera malakukan registrasi. Mengingat hal itu penting untuk menentuka waktu dan pelaksanaan vaksinasi.

Adapun, terkait nakes yang tidak menerima SMS Blast atau SDM kesehatan yang tidak terdaftar di database diminta untuk mengirim email ke vaksin@pedulilindungi.id. Yang bersangkutan harus menyertakan surat keterangan dari fasyankes tempat dia bekerja.

Kemudian, Kemenkes akan melakukan berifikasi dan memasukan data nakes bersangkutan ke sistem satu data vaksin. Selanjutnya nakes akan menerima SMS registrasi ulang dan melanjutkan tahapan vaksinasi.(OL-7)

BERITA TERKAIT