12 January 2021, 23:05 WIB

Sukseskan Vaksinasi, 13 Ribu Fasyankes Miliki Akses Internet


Faustinus Nua | Humaniora

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melalui Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI menyelesaikan penyediaan akses internet di 3.126 titik fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang sebelumnya tidak terfasilitasi dengan baik. Total sebanyak 13.011 fasyankes di Indonesia sudah mempunyai akses internet untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 nasional.

"Penyelesaian ini menggenapi tersedianya akses internet di seluruh 13.011 fasyankes di Indonesia. Adanya akses Internet ini menjadi tulang punggung yang penting untuk pelayanan kesehatan dan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia," ungkap Menkominfo Johhny Plate saat saat melakukan pengecekan kesiapan satu data vaksinasi Covid-19 di Tangerang Selatan, Selasa (12/1).

Selain melengkapi sistem digital, pemerintah juga mengerahkan Satuan BABINSA dari TNI dan Satuan BABINKAMTIBMAS dari POLRI untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi di lapangan.

Satuan pasukan tersebut akan membantu melakukan verifikasi dan registrasi ulang secara offline (luar jaringan/luring) bagi masyarakat yang kesulitan mengakses kanal registrasi online (daring) PeduliLindungi.

"Apabila ada masyarakat yang kesulitan akses secara online maka akan dibantu secara offline di luar jaringan oleh BABINSA dan BABINKAMTIBNAS," ucapnya.

Johhny pun mengajakan masyarakat untuk menggaungkan spirit vaksinasi yang aman imun dan taat prookol kesehatan. Mengingat untuk menjamin keamanan dan efektivitas vaksin harus dibarengi dengan ketatan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Saya berharap agar setiap proses vaksinasi tetap melaksanakan ptotokol kesehatan secara tertib, memakai masker menjaga jarak, mencucui tangan secara berkala," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengapresiasi bantuan dari Kominfo untuk penambahan bandwith dan beberapa sarana-prasarana lain. Dia berharap dukungan itu bisa membantu dan memperlancar proses vaksinasi di Tangsel.

Menurutnya, ada banyak fasyankes di Tangsel. Dan saat ini dipastikan siap melalsanakan tahapan vaksinasi nasional.

"Ada tahapannya kami menyampaikan yang terdata untuk petugas medis kita hampir 10.461 dan kita fasyankesnya ada 67, ada 29 puskesmas yang kita punya dan ada RS dan 14 klinik swasta. Jadi totalnya ada 67," tutupnya. (H-2)

 

BERITA TERKAIT