12 January 2021, 14:45 WIB

Kepala Lembaga Eijkman Yakin Vaksin Jadi Solusi Pandemi Covid-19


Faustinus Nua | Humaniora

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof.Amin Soebandrio, optimistis keberadaan vaksin menjadi solusi penting dalam mengatasi pandemi Covid-19. Pasalnya, kehadiran berbagai jenis vaksin selama ini sudah terbukti bisa mengatasi sejumlah wabah virus di dunia.

"Kalau ditanya saya pribadi saya optimis vaksin ini akan manjadi solusi penting pandemi ini. Solusi yang terukur," ungkap Prof.Amin dalam acara yang bertemaVirus Corona Bermutasi, Mampukah Vaksin Menangkalnya, di kanal Youtube Klikdoktercom, Selasa (12/1).

Dijelaskan Amin, dunia sudah mengenal vaksin sejak lama. Bahkan vaksin cacar sudah ada sejak 200 tahun lalu dan itu terbukti mampu menangkal wabah virus.

Di Indonesia pun, masyarakat sudah terbiasa dengan berbagai jenis vaksin. Namun yang berbeda adalah vaksin Covid-19 merupakan jenis vaksin baru. Apalagi, penelitian terkait virus korona masih terus berkembang dengan berbagai macam gejalanya.

"Kita tahu gejala finisnya makin gak jelas, makin banyak yang tidak spesifik sampai ada yang sebagian besar malah OTG," ujar Prof.Amim.

Meski penelitian terkait virus memang terus berkembang di mana munculnya mutasi virus, begitu pun dengan penelitian pengembangan vaksin, Amin tetap menekankan vaksin yang hadir saat ini merupakan salah satu kunci. Untuk itu, kepatuhan terhadap protokol kesehatan lainnya juga harus berjalan beriringan agar bisa mencapai kekebalan komunitas.

"70% lebih masyarakat kebal itu salah satunya yang dianggap paling elegan dan terukur adalah vaksin. Jadi bagaimana pun kita akan menunggu vaksin walaupun vaksin bukan satu-satunya. Artinya jngan sampai dianggap ada vaksin terus selesai, masker dibuka, trus kita boleh santai," tandas Prof.Amin.(Van/OL-09)

BERITA TERKAIT