06 January 2021, 18:38 WIB

Dukungan Sains dan Inovasi Penting untuk Perubahan Iklim


 Atalya Puspa | Humaniora

DUKUNGAN sains dan inovasi menjadi penting untuk mencapai target Indonesia dalam perubahan iklim. Hal itu disampaikan oleh Kepala Balitbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Agus Justianto.

"Peran sains sangat penting untuk mendukung implementasi perubahan iklim. Hasil penelitian yang akurat jadi dasar perencanaan aksi penurunan emisi dan apatasi penurunan iklim," kata Agus dalam webinar yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (6/1).

Agus mengungkapkan, dukungan sains dan inovasi dapat membantu pemerintah untuk membuat kebijakan yang tepat dalam proses aksi penurunan suhu iklim.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri LHK Alue Dohong mengungkapkan, Indonesia akan terus berupaya untuk menurunkan gas emisi hingga 29%-40% pada 2030 mendatang.

Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan cara pengendalian karhutla, pengendalian ekosistem gambut, alokasi kawasan hutan, hingga perhutanan sosial.

"Indonesia telah menyelenggarakan upaya peribahan iklim sejak 2015 dengan konsentrasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di Indonesia. Hal itu terus diaktualisasikan dan disinergikan dengan berbagai praktik di berbagai daerah, " tandasnya. (Ata/OL-09)

BERITA TERKAIT