30 December 2020, 11:30 WIB

Kemenag Susun Proyeksi Peningkatan Penyelenggaraan Haji dan Umrah


Fachri Audhia Hafiez | Humaniora

KEMENTERIAN Agama telah menyusun proyeksi untuk penyelenggaraan haji dan umrah 2021. Dua layanan itu diharapkan bisa ditingkatkan.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Oman Fathurahman mengatakan masa pandemi covid-19 telah dimanfaatkan untuk melakukan proses evaluasi dan penyiapan mitigasi penyelenggaraan haji serta umrah. Sehingga kedua layanan itu bisa optimal di tahun berikutnya.

"Refleksi kerja 2020 banyak dipengaruhi pandemi. Kita harus ubah tantangan menjadi motivasi berprestasi," ujar Oman dalam keterangan tertulis, Rabu (30/12).

Menurut dia, momentum pandemi covid-19 bisa dimanfaatkan untuk membangun sistem pelayanan haji dan umrah. Kemenag tengah membangun sistem data terintegrasi.

Baca juga: Kepala BNPT: Fatayat NU Berperan Penting Bendung Terorisme

"Integrasi data harus menjadi program prioritas Ditjen PHU, termasuk Direktorat Bina Umrah Dan Haji Khusus, dan itu akan diintegrasikan dalam Mora One Search (Big Data Kemenag). Susun timeline program untuk percepatan pelaksanaan program tahunan sesuai rencana program," ujar dia.

Selain itu, Ditjen PHU juga ingin memperkuat pengetahuan empirik tentang haji dan umrah yang berbasis pada riset akademik. Hal ini bertujuan memperkaya pelayanan dan edukasi jemaah.

"Saya berharap, ke depan, PHU mampu mengerjakan tugas yang bersifat voluntery tidak hanya tugas mandatory sebagai investasi masa depan," ujar dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT