17 December 2020, 22:45 WIB

Kurang Minum Air Bikin Mempercepat Penuaan


Mediaindonesia.com | Humaniora

Air merupakan salah satu komponen yang dapat menjaga kulit terus terhidrasi dengan baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari luar maupun dalam tubuh.

Menurut dr. Arini Astasari Widodo SpKK, selain mendukung penampilan, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari material eksternal, juga membantu mengatur kandungan air dan temperatur tubuh.

"Sebesar 60 persen dari tubuh kita terdiri dari air, sementara komponen kulit mengandung 72 persen air, sehingga jika kita mengalami dehidrasi kesehatan kulit juga akan terpengaruh," ujar dr. Arini melalui keterangannya, Kamis (17/12).

"Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan kulit terasa lebih kasar, kusam, lebih rentan berjerawat, bahkan mempercepat penuaan," imbuhnya.

Menurut dr. Arini, pada umumnya, seseorang perlu mengonsumsi air setidaknya 2 liter per hari.

Cukup minum dapat membantu menjaga hidrasi sehingga meningkatkan elastisitas, menghaluskan kulit, dan menghindari kerutan dini, terutama di saat seseorang menghabiskan banyak waktu berdiam di rumah atau ruangan ber-AC yang membuat risiko kulit menjadi lebih kering. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT