17 December 2020, 14:52 WIB

Labuan Bajo Tuan Rumah Asia International Water 2021


Insi Nantika Jelita | Humaniora

INDONESIA dipercaya untuk menjadi tuan rumah Asia International Water Week (AIWW) Ke-2 yang dilangsungkan pada November 2021 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

AIWW merupakan forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk melaporkan progres dan merumuskan implementasi kebijakan dalam memecahkan masalah perairan di Asia.

“Kami optimis pada November 2021 penanganan Pandemi covid-19 sudah jauh lebih terkendali karena sudah ada vaksin. Dengan demikian AIWW ke-2 dapat dilaksanakan secara langsung di Labuan Bajo," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeldjono dalam keterangan resminya, Kamis (17/12).

Basuki menilai, AIWW ke-2 ini merupakan wadah untuk dapat merumuskan alternatif solusi kebijakan yang bisa diterapkan di Indonesia dan negara lain dengan persoalan yang serupa.

"Air merupakan isu yang penting. Sumber air terus menipis karena pertumbuhan populasi dan urbanisasi, permintaan standar hidup yang terus meningkat. Beberapa permasalah ini diperparah oleh Pandemi COVID-19 yang belum selesai,” jela Basuki.

Baca juga : Puncak Peringatan HKSN 2020 Digelar di Jakarta dan Manado

Ketersediaan air Indonesia, kata Basuki, masih tidak merata secara kewilayahan. Dia mencontohkan seperti Pulau Jawa, yang ketersediaan airnya tampak cukup bila melihat luasan pulaunya. Namum, pulau itu menanggung beban lebih dari setengah penduduk Indonesia.

Menteri PUPR menambahkan, ke depan pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) di Indonesia akan menerapkan Smart Water Management (SWM) untuk kota-kota metropolitan. Penerapan Smart Water Management ini meliputi pertama penerapan pengelolaan air perkotaan terpadu.

Dijelaskan, acara AIWW diselenggarakan oleh Asia Water Council (AWC) yang bekerja sama dengan tuan rumah. AIWW pertama diselenggarakan pada tahun 2017 silam di Gyeongju, Korea Selatan. Awalnya, AIWW ke-2 direncanakan untuk diselenggarakan pada Oktober 2020, tetapi karena Pandemi COVID-19 kegiatan ini ditunda ke November 2021. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT