10 December 2020, 17:56 WIB

Film dan Konten Anak Bangsa Perlu Sisipkan Nilai Pancasila


Faustinus Nua | Humaniora

BADAN Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak pegiat dunia perfilman dan konten di Indonesia untuk menyisipkan nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila dan dasar negara.

Hal itu merupakan tugas bersama semua warga negara Indonesia. Nilai Pancasila seharusnya diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk, dalam film atau konten yang digemari generasi muda.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Lagi Pancasila sudah Final

"Apa yang ada di dalam film ataupun konten itu harus bisa menentukan muatan konsensus dari seluruh komponen bangsa terhadap empat pilar, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," ujar Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina dalam sebuah FGD, Kamis (10/12).

Menurutnya, banyak orang tahu bahwa Pancasila itu final, namun jarang menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, generasi muda rentan dipengaruhi arus perubahan zaman. Sehingga, nilai kebangsaan perlu disosialisasikan kembali.

Nilai tersebut seharusnya juga bisa disampaikan melalui karya film. Mengingat, film dan konten sangat populer dengan didukung kemajuan teknologi.

Baca juga: Gencarkan Pencegahan Covid-19, Negara Bisa Hemat Rp500 Triliun

"Tidak harus disampaikan dengan kata-kata. Pesan film atau konten harus digali dari nilai kebangsaan. Karya yang kita bangun itu mampu mengubah paling tidak perilaku masyarakat," pungkas Rima.

Dia pun menyoroti sejumlah film dan konten yang mengangkat nilai moral dan budaya. Menurutnya, karya seperti layak dipromosikan dan disosialisasikan di lembaga pendidikan. Sehingga, generasi muda sudah dibekali nilai bagian revolusi mental sejak dini.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT