08 December 2020, 14:40 WIB

16.891 Jiwa Terdampak Banjir Pandeglang


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

SELAIN Kabupaten Lebak, banjir juga melanda Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan banjir di kedua lokasi dipicu oleh tingginya intensitas curah hujan.

"Banjir juga melanda Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang terjadi pada Senin (7/12), pukul 02.00 WIB. Peristiwa ini dipicu oleh intensitas hujan tinggi sehingga debit air Sungai Cileman dan Sungai Cilemer meluap," sebut Raditya dalam rilisnya.

Wilayah terdampak banjir di Pandeglang berada di Kecamatan Picung, Panimbang, Cikeusik, Angsana, Cigeulis dan Sukaresmi. Data sementara dari BPBD setempat, jumlah keluarga terdampak banjir ini sebanyak 4.721 KK atau 16.891 jiwa.

"Warga yang mengungsi sebanyak 90 KK atau 390 jiwa yang mengungsi ke Kecamatan Sukaresmi. Kondisi terkini terpantau cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi," kata Raditya.

Sedangkan kebutuhan mendesak antara lain alat mandi, pakaian ganti, makanan cepat saji, obat obatan, tikar, popok bayi. BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lebak untuk memonitor situasi terkini penanganan darurat bencana banjir dan longsor. Masyarakat diimbau untuk tetap siap siaga dan waspada terhadap potensi bahaya hidrometeorologi yang lebih buruk. (H-2)

 

BERITA TERKAIT