03 December 2020, 15:55 WIB

KLHK Kukuhkan 5 Profesor Riset


Atalya Puspa | Humaniora

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali mengukuhkan 5 peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi (BLI) KLHK sebagai profesor riset.

Dalam acara pengukuhan tersebut Wakil Menteri LHK Alue Dohong mengungkapkan, pengukuhan profesor riset tersebut diharapkan dapat membangkitkan motivasi peneliti di Indonesia untuk terus menciptakan karya ilmiah demi kemajuan bangsa.

"Profesor riset harus berani menodorng inovasi menjadi budaya atau tradisi. Termasuk jadi panutan baik aktivitas di dalam lingkungan KLHK, di lingkup nasional, maupun di internasional," kata Alue di Gedung KLHK, Jakarta Pusat, Kamis (3/12).

Baca juga: Pantau Covid-19 Melalui Aplikasi Kesehatan Berbasis AI

Dalam setahun ini, Alue mengungkapkan pihaknya mengukuhkan sebanyak 13 profesor riset dari total sebanyak 39 profesor riset yang ada.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi KLHK Agus Justianto mengungkapkan, tantangan yang dihadapi dunia penelitian saat ini adalah bagaimana caranya agar hasil penelitian dapat dinarasikan dengan baik sebagai bahan masukan kebijakan pemerintah.

"Kita mendorong mereka untuk bisa menjadi profesor riset. Bisa membuat narasi yang dapat diimplementasikan bukan hanya untuk kepentingan ilmiah tapi juga kebijakan, karena kita ingin kebijakan pemerintah berbasis sains dan evidence," tandasnya.

BERITA TERKAIT