27 November 2020, 21:13 WIB

Dorong Pengembangan Wirausaha, Mikti Luncurkan Incubator Playbook


Bayu Anggoro | Humaniora

PENGEMBANGAN wirausahawan harus terus dilakukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Selain dari sisi kuantitas, sisi kualitas dan kematangan pebisnis harus terus dilakukan agar berhasil melahirkan wirausahawan yang handal dan berdaya saing.

Hal ini disadari Masyarakat Industri Kreatif Berbasis Teknologi informasi (Mikti) dengan meluncurkan buku digital (e-book) terkait proses inkubasi yang benar. Ketua Umum Mikti, Jody Hernady  mengatakan dalam memaksimalkan potensi wirausaha diperlukan penelitian yang mampu memasarkan produk jadi kepada masyarakat.

Salah satunya melalui inkubator bisnis berbasis teknologi yang produktif sehingga melahirkan wirausaha pemula yang berkualitas. "Semakin banyak inkubator yang tumbuh, akan semakin banyak hasil-hasil riset yang bisa jadi produk inovasi," katanya di Bandung, Jumat (27/11).

Karena itu, pihaknya akan meluncurkan buku digital incubator playbook. Buku digital ini merupakan rancangan Mikti yang diharapkan menjadi acuan para inkubator yang ingin mengembangkan dan merancang program inkubasi secara baik dan efektif

Menurutnya, buku digital ini merupakan panduan bagi inkubator bisnis di Indonesia untuk memberikan gambaran bantuan yang dibutuhkan oleh  perusahaan pemula (start-up) dalam mengembangkan bisnisnya. Beberapa diantaranya menyangkut bantuan program permodalan yang diikuti dukungan kemitraan atau pembinaan elemen bisnis lainnya.

"Tujuannya menciptakan dan mengembangkan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi Bagi yang membutuhkan  bisa mengunduh buku digital incubator playbook versi pdf di website
mikti.id," katanya. (R-1)

BERITA TERKAIT