27 November 2020, 18:13 WIB

Hak Jawab dari Neurabot


Mediaindonesia.com | Humaniora

PERKENALKAN nama saya Finda selaku Chief Marketing and Science Officer dari Neurabot. Saya menulis pesan ini terkait dengan artikel yang dimuat pada platform Media Indonesia pada tautan berikut: https://mediaindonesia.com/humaniora/330453/diteliti-kecerdasan-buatan-untuk-deteksi-covid-19 yang mencantumkan gambar dari perusahaan tempat saya bekerja, di mana saya dan tim tidak pernah diminta consent atau izin terkait pencantuman gambar tersebut. Terlebih lagi, artikel yang dimuat bukanlah mengenai proyek yang kami kerjakan pada gambar.

Proyek pada gambar yang tercantum merupakan proyek perusahaan kami bersama dengan pemerintah RI (BPPT) dalam gugus tugas covid-19 di mana tidak ada keterlibatan instansi asing untuk pekerjaan kami secara spesifik pada proyek tersebut.

Sementara artikel yang ditulis memuat berita mengenai kerja sama antara instansi dalam negeri lain (UI) dengan instansi luar negeri (Delft). Ketidakcocokan antara gambar dan konten artikel kami khawatirkan dapat menimbulkan kesalahpahaman dan berisiko merugikan beberapa pihak.

Sedikit untuk informasi, proyek yang kami kerjakan pada gambar mengikuti protokol penggunaan data yang telah disetujui oleh perusahaan dan pihak pemerintah. Sementara artikel yang dipermasalahkan, memungkinkan terjadinya kesalahpahaman karena pada berita tersebut terdapat informasi terkait andil instansi luar negeri (yang bisa jadi memiliki regulasi penggunaan data yang berbeda) dan pembagian data kepada pihak asing tidak ada dalam kesepakatan antara perusahaan kami dan pemerintah.

Saya dan tim di sini merasa keberatan dengan pencantuman gambar tersebut dan memohon agar pengambilan langkah lebih lanjut dapat dilakukan (ie, pencopotan gambar dari artikel). Kami juga berharap agar pengalaman ini bisa dijadikan pembelajaran untuk penulisan berita dan penggunaan gambar yang lebih tepat pada platform Media Indonesia di masa mendatang.

Terima kasih.

Hormat saya,
Dr Finda D Putri

RnD & Office

Neurabot Lab
Jalan Kempul, RT/RW.01/03, Ganjuran, Condong Catur, Sleman, D.I.Yogyakarta - Indonesia
Website https://neurabot.io

Dari Redaksi:

Kami mohon maaf dan foto ilustrasi dalam artikel terkait sudah diganti.

BERITA TERKAIT