25 November 2020, 18:40 WIB

Guru harus Bisa Dijadikan Teladan


Syarief Oebaidillah | Humaniora

PERINGATAN Hari Guru Nasional. ( HGN) 2020 ini diawali dengan sejumlah kabar dan berita baik dari beberapa kebijakan pemerintah yang berpihak kepada guru. Diantaranya, kebijakan pemberian kuota internet secara gratis bagi guru, pemberian bantuan subsidi upah atau BSU bagi guru honorer, serta pengumuman pembukaan seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kontrak (PPPK) di tahun 2021, yang mengutamakan guru honorer. Semoga ini menambah semangat bagi guru dan menjadi awal pembenahan sistemik yang lebih baik, kita sama-sama kawal.

Dalam kaitan menanamkan nilai-nilai Pancasila, menurut Wakil Ketua DPR RI Hetifah Syaifudian, harus terlebih dahulu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut ke dalam diri kita masing-masing.  Anak banyak belajar dengan mencontoh.

Jika seorang guru memberikan teladan yang baik di sekolah dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bertoleransi, gotong royong, dan lain-lainnya, besar kemungkinan anak akan mencontoh

Adanya pandemi memang membuat sulit keadaan bagi kita semua termasuk melakukan penerapan pendidikan karakter karena pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Kami berharap di awal tahun 2021 ini sekolah tatap muka di beberapa daerah sudah dapat berjalan, sehingga penanaman karakter dapat dilaksanakan kembali dengan efektif.(H-1)

BERITA TERKAIT