24 November 2020, 09:29 WIB

Persiapan Kuliah Tatap Muka Trisakti Bentuk Covid-19 Crisis Center


Mediaindonesia.com | Humaniora

DI tengah pandemi covi-19, Universitas Trisakti Jakarta membentuk Trisakti Covid-19 Crisis Center (TCCC) yang bertugas membentuk, menangani dan menyosialisasikan protokol kesehatan untuk adaptasi kebiasaan baru. Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDikti) Wilayah III Jakarta, Agus Setyo Budi mengatakan Universitas Trisakti meraih penghargaan dari LLDikti Wilayah III dan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud atas kontribusinya dalam inovasi dan kegiatan kerelawanan selama pandemi. Pembentukan TCCC ini menjelang rencana sekolah atau perkuliahan tatap muka pada 2021 yang diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Rektor Universitas Trisakti, Ali Ghufron Mukti mengatakan perguruan tinggi yang dipimpinnya itu telah menyiapkan standar operasional dan prosedur (SOP) terkait sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dalam menanggapi rencana pemerintah mengadakan sekolah tatap muka.

"Tidak saja menangani COVID-19, tetapi juga melakukan sosialisasi yang diperlukan. Jadi tatap muka terbatas tidak menjadi persoalan yang sulit, karena sudah diantisipasi," ujar Ghufron di sela-sela gelaran wisuda daring mahasiswa Trisakti di Jakarta, Senin (23/11).

Ghufron mengatakan adapun SKB Empat Menteri tentang Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, juga berlaku untuk Perguruan Tinggi. Sehingga nantinya tidak hanya mengandalkan TCCC dalam kegiatan tatap muka, Universitas Trisakti terus membiasakan diri untuk menerapkan pengaturan proses pembelajaran selama pandemi covid-19. 

baca juga: Enam Daerah di Sumsel Diperbolehkan Buka Sekolah Tatap Muka

Pada kesempatan itu Ali Ghufron Mukti saat memimpin wisuda 1.886 mahasiswa Trisakti baik wisuda D3 hingga S3, menyampaikan bahwa Triskti berikrar tidak hanya mencetak sumber daya manusia, tetapi juga beradaptasi pada teknologi revolusi industri 4.0 dengan menyiapkan sarana prasarana lainnya, agar kampusnya bisa mejadi universitas one stop learning center for suistainable development. (Ant/OL-3)

BERITA TERKAIT