22 November 2020, 05:08 WIB

Jokowi Ajak G-20 Kerahkan Pendanaan Vaksin Covid-19


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo mendorong negara-negara G-20 agar bisa menjamin ketersediaan vaksin covid-19 bagi semua negara di dunia. Presiden Jokowi menegaskan pentingnya pendanaan G-20 untuk vaksin sebagai salah satu jalan keluar meredam pandemi.

"Dunia tidak akan sehat kecuali semua negara sudah sehat. Vaksin adalah salah satu amunisinya," kata Jokowi dalam pidatonya pada forum KTT G-20 yang digelar secara virtual, Sabtu (21/11) malam.

Presiden menekankan akses terhadap vaksin covid-19 harus bisa tersedia bagi seluruh negara tanpa terkecuali. Komitmen politik negara-negara G-20 sangat dibutuhkan untuk memobilisasi pendanaan global bagi pemulihan kesehatan tersebut.

Baca juga : Di KTT G-20, Jokowi Ingatkan Vaksin Covid-19 Harus untuk Semua

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan dunia saat ini tengah melihat dan menanti pertemuan para pemimpin G-20. Kepemimpinan negara-negara G-20 sangat diharapkan untuk membawa dunia keluar dari krisis kesehatan akibat pandemi dan keterpurukan ekonomi.

Pertemuan G-20 tahun ini bertajuk Realizing Opportunities of the 21st Century for All. KTT digelar selama dua hari yakni 21-22 November 2020. Arab Saudi menjadi ketua dalam penyelenggarannya, dipimpin langsung Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud.

Tema yang dibahas dalam KTT hari pertama yakni mengenai upaya mengatasi pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi serta penciptaan lapangan pekerjaan. Di hari kedua, dibahas mengenai upaya membangun masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan berketahanan. (OL-7)

BERITA TERKAIT