22 November 2020, 04:28 WIB

UNJ Kembali Gelar Wisuda Virtual dengan Teknolog Robotik


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

UNIVERSITAS Negeri Jakarta menggelar wisuda virtual kedua tahun akademik 2019/2020 untuk semester genap 112 yang berlangsung Sabtu, (21/11) melalui aplikasi zoom dan youtube. 

Sebelumnya, wisuda virtual pertama untuk semester 111 diselenggarakan 20 Oktober 2020 lalu dan berjalan lancar lantaran mematuhi protokol kesehatan yang ada. 

Adapun wisuda virtual kedua ini diselenggarakan karena Indonesia masih diselimuti pandemi covid-19. 

Prosesi wisuda virtual UNJ semester genap 112 kali ini mengangkat topik “Dari Rawamangun untuk Indonesia dan Dunia”. Menurut Rektor UNJ Komarudin, topik ini diangkat dalam rangka merumuskan kembali subject matter pendidikan tinggi dan semangat pribumisasi ilmu pengetahuan (indegenisasi). 

“Sebab secara sosio-historis Rawamangun memiliki sejarah panjang dari dahulu hingga Indonesia modern sekarang ini," ucapnya. 

Menurut panitia wisuda UNJ Shandy Aditya, wisuda virtual UNJ menandakan bahwa UNJ siap menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan juga siap untuk terus produktif serta inovatif di era pandemi seperti sekarang ini. 

Baca juga : Persatuan Sekolah Swasta DKI Dukung Sekolah Tatap Muka Dilakukan

“Wisuda virtual UNJ menunjukan bahwa sumber daya manusia UNJ mampu beradaptasi cepat dalam mengakomodir wisuda yang sudah menjadi acara seremonial paling berkesan selama masa perkuliahan," papar Shandy. 

Namun, Shandy menyebut pihaknya harus beradaptasi dengan kondisi saat ini dan harus tetap berinovasi dalam penyelenggaraan wisuda agar kesan para wisudawan tetap dapat dikenang. 

Pada prosesi wisuda virtual UNJ, baik Wisuda Semester Genap 111 dan Semester Genap 112  menggunakan robot yang dibuat sendiri oleh Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik UNJ. 

Karya mahasiswa dan dosen UNJ ini menunjukan kreativitas dan inovasi yang baik dibidang robotic. 

“Kombinasi digital, physical distancing, serta robotic, konsep kekinian menjadi salah satu milestone UNJ yang siap dengan kegiatan new normal dan kami akan terus mengevaluasi dan berinovasi dalam kegiatan – kegiatan di masa mendatang” ungkap Shandy. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT