28 October 2020, 23:45 WIB

Jusuf Kalla Tekankan Tugas PMI Saat Pendemi Covid-19


Arnoldus Dhae | Humaniora

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla melantik Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Bali di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Rabu (28/10). Pengurus PMI Bali periode 2020-2025 diketuai I Gusti Bagus Alit Putra yang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi XI PMI Bali.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyampaikan tugas PMI adalah membantu masyarakat, terlebih pada saat pandemi covid-19 seperti saat ini. Mantan wakil presiden tersebut menambahkan, PMI bisa membantu mencegah penularan covid-19 di Bali.

"Dalam mengatasi pandemi beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain disiplin diri melalui implementasi 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, serta mematikan virus secara luas melalui kegiatan penyemprotan disinfektan pada sarana-sarana dan dalam hal ini Bali sudah melakukannya dengan sangat baik," ucap Jusuf Kalla.

Sedangkan Wakil Gubernur Bali Bapak Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menekankan peran PMI sangat penting dalam bidang sosial kemanusiaan apalagi pada kondisi saat ini dimana kita menghadapi pandemi covid-19 yang membuat perubahan dari berbagai aspek kehidupan.

"PMI sebagai organisasi kemanusiaan menjadi garda terdepan dalam menghadapi bencana ditengah semakin meningkatnya kasus Covid-19. PMI tetap konsisten dalam upaya pencegahan, penanggulangan dan distribusi bantuan oleh para relawan," katanya.

Selain acara pelantikan, juga dilaksanakan acara serah terima ambulan bantuan PMI Pusat ke PMI Bali dan pemberian penghargaan kepada Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali. (R-1)

BERITA TERKAIT