17 September 2020, 04:25 WIB

Vidi Aldiano Alami Skin Shamming


MI | Humaniora

PENYANYI Vidi Aldiano, 30 mengatakan skin shamming tidak hanya dialami para perempuan. Vidi mengaku pernah mengalami skin shamming karena warna kulitnya tampak lebih gelap daripada sebelumnya.

“Beberapa bulan terakhir sejak pandemi kan gua lebih banyak kegiatan hobi outdoor kayak sepeda, tracking, naik gunung segala macem. Jadi, otomatis beberapa bulan terakhir keadaan kulit gua jadi lebih tanned. Itu agak lumayan banyak yang ngeshamming gua dengan bilang, ‘Kak, kok, sekarang dekilan?’, ‘Kok, sekarang iteman?’,” ujar Vidi dalam webinar Setop Kosmetik Bemerkuri, kemarin.

Vidi pun mengaku lebih suka melihat kulitnya yang kecokelatan dan sering menggunakan tanning oil saat berkegiatan di luar rumah. “Aku merasa, ya udahlah, Indonesia tuh negara yang beragam. Kita harus bisa menerima jati diri kita sebagai orang yang mungkin warna kulitnya sawo matang. It’s okay,” imbuhnya.

Menurut Vidi, masyarakat Indonesia, khususnya anak muda, perlu menghapus stigma bahwa putih itu cantik/tampan. “Enggak usah putih, yang penting tuh bersih, cerah, dan badan lo sehat. Itu akan lebih bermanfaat buat hidup lo,” tandasnya. (Aiw/H-3)

 

BERITA TERKAIT